Puslitbang POLRI Evaluasi Kualitas da Kuantitas Bangunan Rumdis Untuk Pemenuhan Kesejahteraan Personel

    Puslitbang POLRI Evaluasi Kualitas da Kuantitas Bangunan Rumdis Untuk Pemenuhan Kesejahteraan Personel

    SUMBAR -   Dalam mendukung dan mewujudkan agar tugas pokok POLRI dapat tercapai dengan baik sebagaimana harapan masyarakat luas, maka perlu adanya upaya dari pimpinan POLRI untuk peningkatan kesejahteraan bagi personel POLRI. Hal tersebut sesuai dengan arah kebijakan program nasional 7 yaitu memperkuat stabilitas Polhukam dan trasformasi pelayanan publik yang didalamnya harus dibarengi dengan peningkatan profesionalisme dan kesejahteraan bagi anggota POLRI.

    Kesejahteraan merupakan kebutuhan dasar anggota yang harus dipenuhi, karena hal tersebut sebagai pemantik dan pembangkit motivasi kinerja. Ketika kebutuhan dasar sudah terpenuhi diharapkan anggota dapat melakukan tugasnya secara profesional dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Adapun kebutuhan dasar yang dimaksud adalah tersedianya perumahan dinas bagi personel POLRI.

    Kapolri dalam program prioritasnya sudah mencanangkan dalam konsep transformasi menuju POLRI yang presisi melalui aspek reformasi organisasi yaitu menjadikan SDM POLRI yang unggul di Era Police 4.0 dimana salah satu target prioritasnya adalah peningkatan jumlah rumdin untuk personel POLRI.

    Menurut data dari Asisten Logistik Kapolri bahwa  jumlah personel POLRI yang sudah memiliki rumah dinas sebesar 17 %. Oleh karena itu, maka tahun ini akan dibangun rumah dinas POLRI dengan total Anggaran Rp 1, 3 triliun. Angka tersebut, mencukupi untuk membangun sekitar 3.500 rumah dinas.

    Beberapa satuan kewilayanan sudah dilakukan pembangunan rumah dinas antara lain seperti; Polda Jawa Barat, tepatnya di Polres Karawang telah dilakukan pembangunan rumah dinas, Polda Kalbar telah dilakukan  pembangunan rumah dinas Satbrimob Kalbar sebanyak 264 unit rumah di atas tanah seluas 5, 2 hektar, dan  Polres Manggarai Barat yang juga mulai membangun rumah dinas khusus anggota POLRI yang bertugas di Polsek Komodo.

    Dengan latar belakang di atas dan melihat kondisi empirik tersebut, maka Puslitbang POLRI memandang perlu untuk melakukan penelitian ‘Evaluasi Kualitas Dan Kuantitas Bangunan Rumah Dinas Guna Pemenuhan Kesejahteraan Personel POLRI’ di 10 (sepuluh) Polda yang menjadi sampel penelitian.

    Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk  melakukan evaluasi peningkatan kuantitas bangunan rumah dinas di lingkungan POLRI, melakukan evaluasi kondisi fisik bangunan rumah dinas di lingkungan POLRI, serta untuk melakukan evaluasi kualitas bangunan rumah dinas di lingkungan Polri yang meliputi keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan.

    Adapun personel peneliti yang melaksanakan penelitian di Polda Sumbar terdiri dari; Kombes Pol Harvin Raslin, S.H. selaku Ketua Tim, dengan anggota Kompol.Septi Astuti, S.T., M.A., Bripka Maradon didampingi oleh Konsultan dari Universitas Indonesia Dr. Bastian Okto Bangkit Sentosa, S.T., M.T., M.Rech.

    puslitbang polri evaluasi kualitas da kuantitas bangunan rumdis polri
    JIS Sumbar

    JIS Sumbar

    Artikel Sebelumnya

    Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan Tunjuk...

    Artikel Berikutnya

    Satgas TMMD Kodim 0309/Solok Pasang Plafon...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Nagari TV, TVnya Nagari!
    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    Penggunaan Sirekap di Kabupaten Solok Berjalan Lancar dan Aman, 100 Persen Publikasi C-Hasil di Hari H
    Hari Kedua Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten Solok,  14 Kecamatan Selesai Dilaksanakan
    Pj Wako Suprayitno Apresiasi KPU, Bawaslu, dan Masyarakat atas Suksesnya Pilkada Payakumbuh

    Ikuti Kami